Kesehatan

Cara Mengobati Sakit Mata Bagi Anda Yang Sering Di Depan Komputer

Cara Mengobati Sakit Mata Bagi Anda Yang Sering Di Depan Komputer

Pandoors – Aturan WFH telah berlaku selama hampir dua bulan, mengingat wabah virus corona belum mereda. Kondisi ini akan berlangsung selama beberapa waktu, tanpa batas waktu. Sementara banyak karyawan menikmati saat-saat bekerja dari rumah seperti ini, mata mereka sering sakit karena terlalu sibuk untuk tetap berada di depan laptop.

Tak hanya perih, mata terkadang terasa kering, gatal, atau merah karena terlalu lama menatap layar laptop. Jika kondisi ini terjadi, bagaimana cara mengobati sakit mata?

Sesuaikan pencahayaan ruangan

Langkah pertama untuk mengatasi sakit mata adalah mengatur pencahayaan di dalam ruangan. Cahaya yang terlalu terang atau terlalu gelap merupakan salah satu faktor penyebab sakit mata. Cahaya dapat berasal dari matahari atau dari lampu. Jika terlalu terang, Anda akan lebih sering menyipitkan mata. Cara menghindarinya adalah dengan mengatur cahaya agar sesuai dengan kondisi mata Anda. Usahakan jangan terlalu gelap.

Setel waktu jeda

WFH membuat seseorang tidak tahu jam berapa saat ini di tempat kerja. Memang, bekerja terlalu lama di depan laptop tidak hanya menyebabkan rasa sakit di mata, tetapi juga di leher dan bahu. Langkah selanjutnya dalam mengatasi sakit mata adalah dengan menetapkan waktu istirahat sekitar 5 menit antara bekerja dan bekerja untuk mengistirahatkan mata Anda. Istirahat sejenak juga dapat meningkatkan produktivitas kerja dan fokus menyelesaikan pekerjaan.

Memakai kacamata

Sakit mata yang tidak terkontrol akan menyebabkan ketegangan mata yang dapat menyebabkan kerusakan mata atau katarak. Hal selanjutnya untuk mengatasi sakit mata adalah dengan memakai kacamata yang dipakai saat bekerja untuk membantu melihat layar laptop dengan jelas. Kacamata akan membantu Anda melihat dengan nyaman, terutama bagi Anda yang memiliki masalah mata seperti silinder yang lebih sedikit.

Sering berkedip

Sering berkedip adalah langkah selanjutnya dalam mengatasi sakit mata. Berkedip dapat membantu melembabkan mata dan mencegah gejala mata kering. Ketika Anda lupa untuk berkedip, kondisi ini dapat menyebabkan masalah mata seperti kekeringan, gatal, dan penglihatan berfluktuasi. Untuk mencegah masalah mata, dianjurkan untuk membiasakan berkedip 10 hingga 20 kali per menit.

Sesuaikan jarak mata dengan laptop

Seseorang yang menatap layar laptop berjam-jam setiap hari akan berisiko lebih besar mengalami ketegangan mata. Untuk menghindari ketegangan mata yang dapat menyebabkan kerusakan mata, jauhkan mata Anda sekitar 50 sentimeter dari laptop. Jika laptop berukuran kecil, sesuaikan jenis dan ukuran font. Bukan itu saja, pastikan Anda menyesuaikan layar dengan benar, sekitar 30 derajat setinggi mata. Penyesuaian layar dibuat untuk mengurangi ketegangan mata serta mencegah fleksi leher dan bahu. Kondisi ini juga merupakan salah satu langkah untuk mencegah nyeri leher dan bahu.

Ubah ukuran font

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bukan hanya tampilan saja yang perlu disesuaikan, tapi juga ukuran font. Ukuran font yang lebih besar cenderung mengurangi ketegangan mata saat bekerja. Oleh karena itu, langkah selanjutnya untuk mengatasi sakit mata adalah menyesuaikan ukuran font, terutama saat membaca dokumen atau menulis. Jangan lupa untuk mengatur warnanya. Kombinasi font hitam pada layar putih adalah kombinasi yang baik untuk memberikan kenyamanan kerja.

Beritahu dokter Anda segera jika Anda memiliki masalah kesehatan saat melakukan FMH. Di tengah pandemi seperti saat ini, Anda perlu tetap di rumah untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

Referensi:

https://www.kacamataion.com/

Cara Menjaga Kesehatan Selama di Rumah

Cara Menjaga Kesehatan Selama di Rumah

Pandoors – Siapa yang mau terserang suatu penyakit? Tentu saja tidak. Ya, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melindunginya. Berikut beberapa cara penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

1. Makan sayuran hijau

Sayuran berdaun dan hijau kaya vitamin yang membantu Anda menjaga pola makan seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat. Menurut percobaan pada tikus, mengonsumsi sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis, dapat membantu mengirimkan sinyal kimiawi ke tubuh yang meningkatkan protein permukaan sel yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal. sistem imun. Dalam penelitian ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel sebesar 70-80%.

2. Konsumsi vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan yang melemah. Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, salmon, tuna, dan hati sapi. Anda juga dapat membeli suplemen vitamin D dan memilih yang mengandung D3 (cholecalciferol), karena baik untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam darah. Tetapi sebelum mengonsumsi suplemen apa pun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Olahraga teratur

Tetap aktif dengan berolahraga secara teratur. Anda bisa mulai dengan latihan ringan seperti berjalan kaki. Olahraga teratur bisa membuat Anda bugar dan langsing.

Terlebih lagi, sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, dan mempercepat aliran sel darah putih yang melawan penyakit.

4. Minum teh hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat kesehatan teh hijau mungkin karena tingginya tingkat antioksidan, yang disebut flavonoid. Oleh karena itu, Anda dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Karena itu, karena mudah dilakukan, cara menjaga kesehatan tubuh ini sudah banyak diterapkan.

5. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu kunci kekebalan yang kuat. Studi menunjukkan bahwa orang yang tidur setidaknya delapan jam semalam selama dua minggu menunjukkan bahwa tubuhnya lebih kebal terhadap virus dan kuman bakteri. Sementara itu, orang yang menghabiskan waktu kurang dari 6 jam dalam semalam memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar terkena flu akibat virus dibandingkan orang yang tidur 7 jam atau lebih.

Ini disebabkan oleh sitokin yang dikeluarkan oleh tubuh selama tidur yang lama. Sitokin adalah sejenis protein yang membantu tubuh melawan infeksi dengan meningkatkan sistem kekebalan.

6. Kelola stres Anda

Stres terbukti melemahkan sistem kekebalan dan membuat orang rentan terhadap penyakit. Kortisol membantu melawan peradangan dan penyakit. Pelepasan hormon secara konstan pada orang dengan stres kronis dapat mengurangi kapasitas hormon ini.

Ini bisa membuat tubuh meradang dan rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengelola stres. Anda bisa mencoba yoga atau meditasi untuk mengontrol atau menghilangkan stres.

7. Bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar Anda

Kesepian sering dikaitkan sebagai pemicu berbagai penyakit, terutama pada orang yang baru pulih dari operasi jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam American Psychological Association menunjukkan bahwa isolasi sosial dapat meningkatkan stres, memperlambat respons kekebalan tubuh, dan kemampuannya untuk sembuh dengan cepat.

8. Hindari Alkohol

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Vaccine Immunology membandingkan respons sel dendritik dan sistem kekebalan pada tikus yang diobati dengan alkohol dan yang tidak diobati dengan alkohol.

Alkohol menekan kekebalan pada tikus dalam berbagai tingkat. Dokter mengatakan penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin kurang efektif untuk orang dengan ketergantungan alkohol.

Referensi:

Tips kesehatan

Penyebab anak susah tidur

Cara Mengatasi Fungal Acne

Cara Mengatasi Fungal Acne Yang Ampuh

Pandoors – Sudahkah Anda mengenali fungal acne? Fungal acne mempunyai wujud yang mirip dengan jerawat, sehingga banyak yang salah mengartikannya. Sementara itu tonjolan kecil mirip jerawat ini diakibatkan oleh peradangan jamur yang tidak dapat disamakan dengan jerawat. Oleh sebab itu, dalam postingan ini hendak dipaparkan menimpa apa itu fungal acne dan gimana cara mengatasinya.

Fungal acne mempunyai nama ilmiah Pityrosporum folliculitis ataupun Malassezia folliculitis dan kerap diucap juga dengan jerawat jamur. Hendak namun, jerawat dan juga fungal acne diakibatkan oleh 2 perihal yang berbeda. Fungal diakibatkan oleh jamur yang bernama Malassezia yang bisa melekat pada kulit sehingga memunculkan tonjolan kecil bercorak merah semacam jerawat.

Mayoritas orang memakai ms glow acne untuk mengatasi fungal acne, yang pada kesimpulannya fungal acne tidak bisa diatasi. Semacam yang dipaparkan lebih dahulu, kalau fungal acne dan jerawat ialah perihal yang berbeda, pasti cara mengatasinya berbeda juga. Lalu, gimana cara mengatasinya? Temukan triknya di dasar ini.

1. Mandi dengan rutin

Cara mengatasi fungal acne yang awal ialah mandi dengan teratur. Paling utama untuk Anda dengan kegiatan yang menghasilkan banyak keringat, butuh mandi lebih kerap. Perihal ini sebab, berkeringat bisa menghasilkan area yang lembap dan hangat. Tempat tersebut ialah area yang cocok untuk perkembangan jamur yang lebih banyak. Oleh sebab itu, mandi dengan teratur bisa melenyapkan perkembangan jamur yang kelewatan tersebut.

2. Memakai baju yang longgar

Cara mengatasi fungal acne yang berikutnya ialah dengan memakai baju yang longgar. Apabila Anda memakai baju yang ketat, hingga hendak menimbulkan aliran hawa terbatas dan memunculkan gesekan. Keadaan ini hendak menimbulkan perkembangan jamur yang berlebih. Oleh sebab itu, gunakanlah baju yang longgar dengan bahan yang bisa meresap keringat supaya perputaran hawa senantiasa mudah.

3. Memakai sabun dan sampo khusus

Mengatasi fungal acne juga bisa Anda jalani dengan memakai sabun dan juga sampo spesial. Anda dapat memakai sabun dan sampo yang mempunyai kandungan berbentuk Pyrithione zinc ataupun Selenium sulfide. Apabila Anda mau hasil yang terbaik, hingga diamkan sabun dan sampo spesial sepanjang sebagian menit saat sebelum membilasnya. Anda dapat memakainya sebagian kali dalam seminggu, sambil memandang keadaan fungal acne apakah membaik ataupun tidak.

4. Memakai obat anti jamur

Untuk bisa mengatasi fungal acne, Anda juga dapat memakai obat anti jamur. Anda dapat memperoleh obat antijamur tanpa formula dokter di apotek terdekat. Hendak namun, Anda juga bisa bertanya dengan dokter spesialis kulit. Dokter bisa jadi hendak menganalisis pemicu kemunculan fungal acne dan membagikan sebagian obat anti jamur.

5. Komsumsi santapan seimbang

Cara melenyapkan fungal acne yang terakhir ialah dengan komsumsi santapan balance. Jamur Malassezia yang menimbulkan timbulnya fungal acne bisa tumbuh biak dengan baik sebab memperoleh konsumsi santapan yang memiliki banyak gula dan juga karbohidrat. Oleh sebab itu, Anda dapat mulai melindungi pola makan balance dengan komsumsi sayur, buah dan juga protein.

Seperti itu sebagian data menimpa fungal acne dan juga cara mengatasinya. Mudah- mudahan data ini bisa menolong Anda dalam mengidentifikasi dan juga mengatasi fungal acne yang timbul.