Pengertian, Bentuk, Simbol, dan Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Pengertian, Bentuk, Simbol, dan Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Pandoors –¬†Saat ini telah banyak dikembangkan bahan semikonduktor yang pemanfaatannya telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat akibat penggunaan berbagai peralatan dan perlengkapan elektronik, terutama penerangan, yang membutuhkan konsumsi energi yang besar. Oleh karena itu diperlukan suatu komponen elektronika dengan bahan semikonduktor yang dapat mengatasi hal tersebut. Komponen ini disebut LED (light emitting diode).

Pengertian LED (Light Emitting Diode)

LED atau Light Emitting Diode adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatis ketika diberikan tegangan bias maju. LED (Light Emitting Diode) dapat diartikan sebagai dioda yang memancarkan cahaya, karena LED (Light Emitting Diode) merupakan keluarga dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor.

LED (light emitting diode) berbentuk seperti bola lampu dan dapat memancarkan cahaya dengan warna berbeda. Walaupun bentuknya menyerupai bola lampu kecil, LED tidak memerlukan filamen seperti lampu pijar, sehingga LED tidak menghasilkan panas yang berlebihan akibat terbakarnya filamen saat lampu pijar menghasilkan cahaya.

Cahaya yang dipancarkan oleh LED memiliki beragam warna karena bahan semikonduktor yang digunakan dalam pembuatannya. Warna yang dihasilkan adalah merah, hijau, biru dan kuning. Namun, LED juga dapat memancarkan sinar infra merah yang tidak terlihat oleh mata telanjang, seperti yang sering kita jumpai pada remote control TV atau remote control perangkat elektronik lainnya.

Bentuk dan Simbol LED (Light Emitting Diodes)

LED atau Light Emitting Diode berbentuk seperti bola lampu pijar, namun tidak memerlukan pembakaran filamen untuk menghasilkan cahaya, sehingga tidak menimbulkan panas. Oleh karena itu, LED kecil (light emitting diode) saat ini banyak digunakan sebagai lampu penerangan pada TV LCD dan peralatan elektronik lainnya.

Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Saat ini sudah banyak fungsi komponen LED yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam dunia elektronik saja, tetapi juga dalam berbagai kebutuhan yang menggunakan LED sebagai komponen utamanya karena sangat efisien. Berikut beberapa contoh aplikasi yang menggunakan LED dalam kehidupan sehari-hari:

  • Sebagai indikator atau petunjuk dalam peralatan dan rangkaian elektronika. Hal ini terlihat pada warna cahaya yang dipancarkan oleh LED yang hadir dalam bentuk merah dan hijau.
  • Sebagai sensor infra merah pada remote control (TV, AC, AV Player)
  • Panel media iklan seperti running text, videotron dan megatron
  • Sebagai komponen utama monitor komputer atau TV menggunakan teknologi LED pada layarnya
  • Lampu untuk Kendaraan, Rumah dan Jalan
  • LCD dengan lampu latar (TV, layar ponsel, monitor)
  • Lampu dekorasi indoor dan outdoor.

Dari berbagai fungsi tersebut mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, mengingat LED memang sangat dibutuhkan saat ini. Memang LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan penggunaan lampu biasa (pijar), seperti LED yang tidak menghasilkan panas, serta konsumsi daya LED yang tidak terlalu besar membuat komponen ini sangat efektif untuk penggunaan sehari-hari.

Referensi:

Kelas PLC