Pendidikan

Pengertian, Bentuk, Simbol, dan Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Pengertian, Bentuk, Simbol, dan Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Pandoors –¬†Saat ini telah banyak dikembangkan bahan semikonduktor yang pemanfaatannya telah diterapkan dalam berbagai bidang kehidupan. Hal ini sejalan dengan kebutuhan energi listrik yang semakin meningkat akibat penggunaan berbagai peralatan dan perlengkapan elektronik, terutama penerangan, yang membutuhkan konsumsi energi yang besar. Oleh karena itu diperlukan suatu komponen elektronika dengan bahan semikonduktor yang dapat mengatasi hal tersebut. Komponen ini disebut LED (light emitting diode).

Pengertian LED (Light Emitting Diode)

LED atau Light Emitting Diode adalah komponen elektronika yang dapat memancarkan cahaya monokromatis ketika diberikan tegangan bias maju. LED (Light Emitting Diode) dapat diartikan sebagai dioda yang memancarkan cahaya, karena LED (Light Emitting Diode) merupakan keluarga dioda yang terbuat dari bahan semikonduktor.

LED (light emitting diode) berbentuk seperti bola lampu dan dapat memancarkan cahaya dengan warna berbeda. Walaupun bentuknya menyerupai bola lampu kecil, LED tidak memerlukan filamen seperti lampu pijar, sehingga LED tidak menghasilkan panas yang berlebihan akibat terbakarnya filamen saat lampu pijar menghasilkan cahaya.

Cahaya yang dipancarkan oleh LED memiliki beragam warna karena bahan semikonduktor yang digunakan dalam pembuatannya. Warna yang dihasilkan adalah merah, hijau, biru dan kuning. Namun, LED juga dapat memancarkan sinar infra merah yang tidak terlihat oleh mata telanjang, seperti yang sering kita jumpai pada remote control TV atau remote control perangkat elektronik lainnya.

Bentuk dan Simbol LED (Light Emitting Diodes)

LED atau Light Emitting Diode berbentuk seperti bola lampu pijar, namun tidak memerlukan pembakaran filamen untuk menghasilkan cahaya, sehingga tidak menimbulkan panas. Oleh karena itu, LED kecil (light emitting diode) saat ini banyak digunakan sebagai lampu penerangan pada TV LCD dan peralatan elektronik lainnya.

Fungsi LED (Light Emitting Diode)

Saat ini sudah banyak fungsi komponen LED yang telah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya dalam dunia elektronik saja, tetapi juga dalam berbagai kebutuhan yang menggunakan LED sebagai komponen utamanya karena sangat efisien. Berikut beberapa contoh aplikasi yang menggunakan LED dalam kehidupan sehari-hari:

  • Sebagai indikator atau petunjuk dalam peralatan dan rangkaian elektronika. Hal ini terlihat pada warna cahaya yang dipancarkan oleh LED yang hadir dalam bentuk merah dan hijau.
  • Sebagai sensor infra merah pada remote control (TV, AC, AV Player)
  • Panel media iklan seperti running text, videotron dan megatron
  • Sebagai komponen utama monitor komputer atau TV menggunakan teknologi LED pada layarnya
  • Lampu untuk Kendaraan, Rumah dan Jalan
  • LCD dengan lampu latar (TV, layar ponsel, monitor)
  • Lampu dekorasi indoor dan outdoor.

Dari berbagai fungsi tersebut mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, mengingat LED memang sangat dibutuhkan saat ini. Memang LED memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan penggunaan lampu biasa (pijar), seperti LED yang tidak menghasilkan panas, serta konsumsi daya LED yang tidak terlalu besar membuat komponen ini sangat efektif untuk penggunaan sehari-hari.

Referensi:

Kelas PLC

Pengertian, Fungsi, Makna Ideologi Pancasila

Pengertian, Fungsi, Makna Ideologi Pancasila

Pandoors – Selain lima sila Pancasila yang perlu kita hafal, yang tidak kalah pentingnya kita juga mengetahui tentang ideologi Pancasila. Sehingga kecintaan pada negeri ini semakin meningkat. Apa pentingnya ideologi bagi suatu negara? Ideologi artinya segala pandangan, nilai, cita-cita dan keyakinan yang ingin diwujudkan dalam kehidupan nyata. Ideologi sangat diperlukan dalam hal ini, karena dianggap sebagai kesadaran akan kemandirian.

Fungsi ideologi adalah membentuk jati diri / ciri suatu kelompok atau bangsa. Ideologi cenderung “memisahkan” kita dari mereka. Ideologi berfungsi untuk menyatukan “sesama” kita

Landasan negara adalah fondasi kehidupan bernegara. Landasan negara menjadi dasar pengaturan tata usaha negara. Negara tanpa landasan negara berarti negara tersebut tidak memiliki pedoman penyelenggaraan kehidupan bernegara, oleh karena itu tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas, serta memudahkan terjadinya kekacauan. Landasan negara sebagai pedoman hidup bernegara meliputi cita-cita bernegara, tujuan bernegara dan norma bernegara.

Ideologi Pancasila adalah nilai budaya dan agama luhur bangsa Indonesia. Pancasila adalah dasar negara dan ideologi negara. Ideologi Pancasila dengan demikian merupakan seperangkat nilai atau norma yang berdasarkan pada prinsip Pancasila.

Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

– Mempersatukan bangsa Indonesia, memperkuat dan memelihara persatuan dan kesatuan.
– Memimpin dan memimpin bangsa Indonesia untuk mencapai tujuannya.
– Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan jati diri bangsa Indonesia
– Relief dan pemantauan situasi, serta kritik terhadap setiap upaya mewujudkan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila.
– Sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan meningkatkan taraf hidup bangsa Indonesia.

Makna Ideologi Pancasila

Selain sebagai landasan negara, Pancasila juga merupakan Ideologi Nasional bangsa Indonesia. Jadi makna Pancasila dari ketentuan ini adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan negara.

Pancasila sebagai ideologi memiliki arti sebagai berikut:

– Nilai-nilai yang ditetapkan dalam Pancasila merupakan cita-cita normatif penyelenggaraan negara.
– Nilai-nilai yang disebutkan dalam Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama dan dengan demikian menjadi salah satu alat pemersatu masyarakat Indonesia (integrasi).

3 Dimensi Ideologi Pancasila

1. Dimensi Realitas, artinya nilai-nilai dasar yang terkandung dalam ideologi mencerminkan realitas kehidupan yang ada dalam masyarakat tempat ideologi pertama kali ada.
2. Dimensi idealisme, artinya kualitas ideologi yang terkandung dalam nilai-nilai dasar tersebut dapat memberikan harapan kepada berbagai kelompok dan masyarakat untuk masa depan yang lebih baik.
3. Dimensi fleksibilitas, yang berarti kemampuan ideologis untuk mempengaruhi dan menyesuaikan perkembangan masyarakat.

Nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi negara

Nilai-nilai Pancasila adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan. Itulah nilai-nilai dasar kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat. Nilai-nilai Pancasila diklasifikasikan sebagai nilai-nilai spiritual di mana nilai-nilai lain disisipkan secara utuh dan harmonis, baik nilai kehidupan, nilai material, nilai kebenaran (realita), nilai etika, nilai estetika dan nilai religi. .

Arti nilai-nilai tujuan Pancasila:

– Rumusan asas Pancasila sendiri memiliki makna yang paling dalam.
– Pancasila disimpan dalam Pembukaan UUD 1945 sebagai asas pokok negara.
– Nilai-nilai inti Pancasila akan terus berlanjut sepanjang kehidupan masyarakat Indonesia.

Sedangkan nilai subyektif Pancasila menyatakan bahwa eksistensi nilai Pancasila sangat bergantung pada bangsa Indonesia itu sendiri. Dapat dijelaskan karena:

– Nilai-nilai Pancasila berasal dari bangsa Indonesia.
– Nilai Pancasila mengandung nilai spiritual.
– Nilai-nilai Pancasila adalah cara hidup bangsa Indonesia.
– Nilai-nilai Pancasila di dalamnya merupakan nilai-nilai yang digali, ditumbuhkan dan dikembangkan dari budaya bangsa Indonesia

Pancasila sebagai sumber nilai mensyaratkan konstitusi memuat muatan yang mewajibkan pemerintah, penyelenggara negara, termasuk pengurus partai dan golongan fungsional, untuk menjunjung akhlak manusia yang luhur dan menjunjung tinggi cita-cita moral bangsa yang luhur.

Sumber:

https://wartapoin.com/

Perbedaan Arus Listrik AC Dan DC Yang Harus Diketahui

Perbedaan Arus Listrik AC Dan DC Yang Harus Diketahui

Pandoors – Padahal, listrik kini sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang, karena hampir setiap hari kita tidak pernah berpisah dengan listrik ini, mulai dari menyalakan televisi, komputer, bahkan mengisi ulang smartphone juga membutuhkan energi. disubsidi lagi. tetapi kita tidak dapat memutuskan sambungan dengan listrik karena kita sekarang sangat bergantung pada listrik.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari listrik, seperti menerangi kita pada malam hari yang sudah menggunakan lampu, bahkan sekarang untuk mencuci pakaian, masih banyak orang yang menggunakan mesin cuci listrik karena jauh lebih nyaman dan juga dapat menghemat tenaga dan waktu. , tapi apa? Tahukah Anda bahwa ada arus bolak-balik dan arus searah? mungkin orang awam yang belum terlalu mendalami bidang kelistrikan masih belum paham apa sebenarnya aura arus bolak-balik dan arus searah ini, karena banyak orang yang tidak bisa menggunakan dan menggunakan listrik selain dalam kehidupan sehari-hari tanpa belajar bahasa apa dari dunia listrik adalah. mereka adalah diri mereka sendiri.

Nah disini kami akan menjelaskan kepada anda perbedaan arus listrik bolak-balik dan searah yang selama ini belum anda pahami, arus bolak-balik sebenarnya adalah arus bolak-balik sedangkan arus searah adalah arus listrik searah, Listrik sebenarnya adalah pergerakan elektron melalui sebuah penghantar , jadi arus listrik memiliki elektron yang terus berubah arah, kadang-kadang bergerak bolak-balik, tetapi arus listrik arus searah memiliki elektron yang bergerak dalam arah yang sama yang selalu maju.

Perbedaan Arus Listrik AC Dan DC

Di bawah ini kami telah menyiapkan beberapa perbedaan antara arus listrik AC dan DC yang dapat Anda pelajari dengan mudah:

– Arus bolak-balik ini aman untuk mentransfer listrik untuk jarak jauh dan juga dapat memberikan lebih banyak daya dengan mentransfer arus, sedangkan arus listrik searah tidak dapat berjalan cukup jauh karena arus searah ini akan mulai melemah dan kehilangan daya seiring bertambahnya jarak.. itu hilang.
– Penyebab arah aliran elektron di AC adalah magnet di sekitar kawat, sedangkan penyebab arah aliran elektron di DC adalah magnet yang stabil di sepanjang kawat.
– Frekuensi arus AC atau AC 50Hz atau bisa 60Hz tergantung negara mana yang menggunakan frekuensi tersebut, sedangkan frekuensi arus DC adalah 0 (ZERO)
– Arus bolak-balik akan berbalik arah saat mengalir melalui rangkaian, sedangkan arus searah akan terus mengalir satu arah dengan rangkaian.
– Amplitudo arus bolak-balik cukup bervariasi terhadap waktu, sedangkan amplitudo arus searah konstan terhadap waktu.
– Aliran elektron pada arus bolak-balik selalu bolak-balik sedangkan aliran elektron pada arus searah selalu bergerak satu arah atau bisa disebut maju.

Nah, ini bukan perbedaan antara arus listrik bolak-balik dan searah meskipun sama-sama merupakan arus listrik, tetapi ada banyak perbedaan yang perlu Anda pelajari, agar Anda dapat lebih memahami dan memahami dunia kelistrikan. Jadi ketika kita menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan arus bolak-balik yang diubah menjadi arus searah untuk charger ponsel dll.

Sumber:

www.kelaselektronika.com

Fungsi Punuk Unta

Fungsi Punuk Unta

Pandoors – Unta adalah dua spesies ungulata berujung genap dari genus Camelus (satu dengan punuk tunggal – Camelus dromedarius, yang lain dengan punuk ganda – Camelus bactrianus) yang hidup di daerah gersang dan gurun di Asia dan Afrika Utara. Harapan hidup rata-rata unta adalah antara 30 dan 50 tahun. Domestikasi unta manusia telah ada selama sekitar 5.000 tahun.

 

Unta digunakan antara lain untuk susu (yang memiliki nilai gizi lebih tinggi dari susu sapi) dan dagingnya, dan juga digunakan sebagai hewan pekerja. Unta diketahui hidup di gurun pasir yang memiliki kisaran suhu udara yang dapat membunuh sebagian besar makhluk hidup. Selain itu, mereka mampu untuk tidak makan atau minum selama beberapa hari. Ada banyak hal yang memungkinkan mereka beradaptasi. Salah satunya adalah benjolan.

 

Kemampuan beradaptasi ekologis unta

Seperti yang sobat academia.co.id ketahui, unta hidup di gurun dengan kisaran suhu yang membunuh sebagian besar makhluk hidup. Selain itu, mereka tidak bisa makan atau minum selama beberapa hari.

 

Ada banyak hal yang memungkinkan mereka beradaptasi. Salah satunya adalah benjolan. Banyak orang mengira benjolan itu menahan air, padahal tidak demikian. Punuk khusus unta menyimpan lemak, yang pada akhirnya dapat diubah menjadi air menggunakan produk pernapasan oksigen. Satu gram lemak dalam punuk unta dapat diubah menjadi satu gram air.

 

Penyesuaian lain yang luar biasa, sistem pernapasan hampir tidak meninggalkan jejak kelembaban. Uap air dari paru-paru diserap oleh tubuh melalui sel-sel khusus di hidung bagian dalam, membentuk kristal dan dapat diserap kapan saja.

 

Tubuh unta dapat menahan suhu hingga 41 derajat Celcius. Selain itu, unta mulai berkeringat. Penguapan keringat itu hanya terjadi pada kulit, bukan pada rambut. Pendinginan yang efisien dapat menghemat cukup banyak air untuk unta.

 

Unta dapat bertahan dari kehilangan massa sekitar 20-25% saat berkeringat. Kebanyakan makhluk hidup hanya dapat bertahan sampai kehilangan massa sekitar 3-4% sebelum terjadi gagal jantung akibat penebalan darah. Meskipun unta kehilangan banyak air tubuh, darahnya tetap terhidrasi sampai batas 25% tercapai.

 

Ada banyak alasan mengapa darah unta mengental kondisi darah di mana sebagian besar makhluk hidup menggumpal. Sel darah merah dari unta berbentuk oval, tidak bulat seperti makhluk hidup lainnya. Unta juga memiliki sistem kekebalan yang agak unik.

 

Semua mamalia memiliki antibodi berbentuk Y dengan dua rantai panjang di sepanjang Y dengan dua rantai pendek di setiap ujung Y, tetapi unta hanya memiliki dua rantai panjang yang membuat bentuknya lebih kecil dan mengurangi kemungkinan pembekuan darah.

 

Ginjal dan usus Anda sangat efisien dalam menyaring air. Urin yang sangat kental dan kotorannya sangat kering sehingga dapat langsung terbakar setelah dikeluarkan.

 

fungsi punuk unta

Ketika unta lahir, punuknya hanyalah kantong kulit yang kosong dan fleksibel, tetapi seiring pertumbuhannya, jaringan lemak khusus terbentuk di punuknya, menyebabkan punuk itu mulai terbentuk dan terisi. Lemak khusus dapat diubah menjadi air dengan bantuan produk pernapasan oksigen. Satu gram lemak dalam punuk unta dapat menghasilkan satu gram air.

 

Dengan bantuan lemak ini, punuk unta bisa bertahan hingga dua minggu tanpa makanan. Ditambah lagi dengan lokasi tempat tinggal mereka di gurun Afrika dan Timur Tengah, di mana makanan menjadi sangat langka.

 

Selama ribuan tahun, punuk unta juga berguna bagi orang-orang yang memeliharanya. Mempermudah perawatan yang tidak membutuhkan banyak makanan dan terlalu kuat untuk membawa barang.

 

Unta berpunuk dua telah digunakan sejak sekitar 2500 SM. digunakan oleh orang-orang di Iran utara, Afghanistan timur laut dan Pakistan utara. Sementara itu, unta berpunuk satu atau dromedaris menjadi populer antara 4000 dan 200 SM. Digunakan dalam bahasa Arab.